Keefektifan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Realistik Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang

WELLANG, AZIS (2015) Keefektifan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Pendekatan Realistik Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
5. ARTIKEL azis, acc distor.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus sampai dengan tanggal 09 September 2015 di SMP Negeri 2 Pangsid. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 6 (enam) kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster random sampling. Data tentang aktivitas siswa, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi , Data tentang aktivitas guru, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi Data tentang respon siswa terhadap pembelajaran, diperoleh dengan menggunakan lembar angket siswa dan untuk mengetahui hasil belajar materi SPLDV digunakan tes hasil belajar.. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa, serta respon siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mencapai ketuntasan belajar 95,24%, siswa memperoleh nilai minimal 70,Nilai rata- rata 83,05 (2) Aktivitas siswa baik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT selama 4 kali pertemuan sudah dalam katagori sangat efektif sehingga dinyatakan sangat efektif untuk diterapkan, (3) respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang sangat positif, (4) Aktifitas guru dalam pembelajaran SPLDV melalui model pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan realistik selama 4 kali pertemuan dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SPLDV melalui model pembelajaran tipe NHT dengan pendekatan realistik pada kelas VIII SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 06:23
Last Modified: 13 Apr 2018 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7484

Actions (login required)

View Item View Item