Pengaruh Gaya Mengajar Latihan dan Gaya Mengajar Inklusi terhadap Keterampilan Dribbling dalam Permainan Bolabasket pada Siswa SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng

ANGKATAN, ANGKATAN (2015) Pengaruh Gaya Mengajar Latihan dan Gaya Mengajar Inklusi terhadap Keterampilan Dribbling dalam Permainan Bolabasket pada Siswa SMAN 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Angkatan jurnal.doc

Download (76kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan sampel siswa SMAN 1 Mariowawo. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Pengumpulan datanya dilakukan melalui tes dan pengukuran yang langsung kepada sampel. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Berdasarkan rangkuman hasil uji-t data tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kelompok latihan Gaya Mengajar Latihan terhadap Keterampilan dribbling dalam permainan bolabasket siswa SMAN 1 Mariowawo Kab. Soppeng dapat diperoleh nilai thitung = 5.752 (nilai signifikansi 0.000 < α 0.005). Berarti ada pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar latihan dari tes awal sebelum perlakuan ke tes akhir sesudah perlakuan. Untuk membuktikan peningkatan keterampilan dribbling dalam permainan bolabasket dapat dilihat pada nilai rata-rata yaitu 0.50250, (ii) Berdasarkan rangkuman hasil uji-t data tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kelompok latihan Gaya Mengajar inklusi terhadap keterampilan dribbling dalam permainan bolabasket siswa SMAN 1 Mariowawo Kab. Soppeng dapat diperoleh nilai thitung = 9.918 (nilai signifikansi 0.000 < α 0.005). Berarti ada pengaruh yang signifikan dari gaya mengajar linklusi dari tes awal sebelum perlakuan ke tes akhir sesudah perlakuan. Untuk membuktikan peningkatan keterampilan dribbling dalam permainan bolabasket dapat dilihat pada nilai rata-rata yaitu 9.918, (iii) Berdasarkan rangkuman hasil pengolahan data dapat dikemukakan bahwa data perbedaan tes akhir (posttest) keterampilan dribbling dalam permainan bolabasket siswa SMAN 1 Mariowawo Kab. Soppeng dengan uji-t tidak berpasangan antara kelompok gaya mengajar latihan dengan kelompok gaya mengajar inklusi diperoleh nilai thitung sebesar 3.174 dengan nilai signifikansi 0.00 (α 0.05). Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok gaya mengajar latihan dan kelompok gaya mengajar inklusi terhadap keterampilan dribbling siswa SMAN 1 Mariowawo Kab. Soppeng. Nilai rata-rata perbedaan antara gaya mengajar latihan dan gaya mengajar inklusi adalah sebesar 1.17750.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 05:55
Last Modified: 13 Apr 2018 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7481

Actions (login required)

View Item View Item