Akhlak Dan Perilaku Siswa madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru

DARMAWAN, DARMAWAN (2017) Akhlak Dan Perilaku Siswa madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
AKHLAK DAN PERILAKU SISWA MTsN BARRU KABUPATEN BARRU.docx

Download (10MB)

ABSTRAK Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dn di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Kenyataan pada masyarakat sekarang ini, terjadi banyak penyimpangan norma tingkah laku sebagai bentuk kemerosotan akhlak dan perilaku terutama melanda para siswa atau pelajar. Madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru sebagai lembaga pendidikan islam merasa ikut bertanggung jawab dalam mengatasai masalah pembentukan akhlak dan perilaku siswa. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana akhlak dan perilaku siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru ? (ii) Apa Faktor penunjang dan penghambat dalam membina akhlak dan perilaku siswa di Madrasah Tsaanwiyah negeri Barru Kabupaten Barru (iii) Bagaimana pola hubungan antar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penentuan informan dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data instrumen yaitu menggunakan angket dalam bentuk questioner yang diperuntukkan kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Barru Kabupaten Barru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik presentasi dengan menggunakan rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi akhlak dan perilaku siswa Madrsah Tsanawiyah Negeri Barru antara lain faktor informal (keluarga), seperti perhatian keluarga, kemudian faktor formal (sekolah) seperti penyampaian materi agama atau akhlak dengan baik oleh guru dan terakhir adalah faktor non formal (masyarakat) seperti kegiatan keagamaan yang diadakan dilingkungan tempat tinggal siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:32
Last Modified: 13 Apr 2018 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7470

Actions (login required)

View Item View Item