Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN Labuang Baji II Kota Makassar

SUKMA, DEVI PERMATA (2017) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN Labuang Baji II Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gambaran pelaksanaan model Group Investigation pada siswa kelas V SDN Labuang Baji II kota Makassar, (2) mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Labuang Baji II kota Makassar setelah pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation, (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan model Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa SDN Labuang Baji II kota Makassar. Lokasi penelitian di SDN Labuang Baji II kota Makassar. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest group desigh. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Labuang Baji II kota Makassar dengan sampel 30 kelas kontrol dan 30 kelas eksperimen yang diambil secara acak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Group Investigation dan variable terikat yaitu hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah te hasil belajar IPA dengan 20 butir soal dan lembar observasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan 2 jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran group investigation dilihat dari kinerja Guru selama proses tindakan berlansung pada aspek aktifitas Guru dalam tiap pertemuan berjalan dengan baik. Pada pertemuan pertama sintaks terlaksana pada kategori cukup, pertemuan kedua pada kategori baik, pertemuan ketiga sintaks terlaksana pada kategori baik dan keempat pada kategori cukup. Pembelajaran IPA menggunakan model group investigation dapat dikatakan berjalan dengan baik karena ditunjang antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dan sebagian besar siswa memahami setiap instruksi yang diberikan oleh Guru. (2) Hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Labuang Baji II kota Makassar setelah pelaksanaan model group investigation mengalami peningkatan hasil belajar. Dari hasil pre-test dan post-test, memiliki perbedaan rata-rata nilai kelas kontrol 65,3 dan kelas eksperimen 74,5. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan model group investigation memiliki pengaruh lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan model group investigation. (3) Pelaksanaan model group investigation berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Labuang Baji II kota Makassar. Dengan hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:21
Last Modified: 13 Apr 2018 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7466

Actions (login required)

View Item View Item