Kinerja Pembelajaran Guru pada SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar,

Santi, Milia Panna (2015) Kinerja Pembelajaran Guru pada SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar,. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL - KINERJA-PEMBELAJARAN-GURU-PADA-SD-NEGERI-BARAYA-I-KEC (1).docx

Download (35kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan umum penelitian ini untuk menggambarkan kinerja pembelajaran guru pada SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar. Secara khusus untuk menggambarkan: (1) kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran, kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan kinerja dalam melaksanakan penilaian hasil pembelajaran, serta (2) faktor pendukung dan penghambat kinerja pembelajaran guru pada SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan harapan penelitian yang dilakukan ini dapat memperoleh data yang lebih mendalam, lebih tuntas serta dapat menjawab tujuan penelitian yang diharapkan. Dalam menentukan sumber data dilakukan dengan cara purposive sampling, yakni memilih informan yang dianggap paling tepat untuk memberikan informasi yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pembelajaran guru pada SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran dikatakan belum maksimal. Dalam pelaksanaan pembelajaran kinerja guru di SD Negeri Baraya I Kec. Bontoala Kota Makassar dapat dikatakan belum terlaksana secara efektif dan maksimal, hal ini didasarkan pada hasil wawancara dan observasi yang peneliti dapatkan. Pada perencanaan pembelajaran indikator-indikator perencanaan belum terlaksana dengan baik serta orientasi perencanaan pembelajaran belum mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan pada indikator pelaksanaana pembelajaran seperti cara membuka pembelajaran, penggunaan metode, media, penggunaan bahasa & penyimpulan materi menunjukkan belum terlaksana dengan baik. Pada penilaian masih bersifat umum belum mencerminkan penilaian pembelajaran yang lebih spesifik yaitu penilaian yang meliputi seluruh aspek perubahan tingkah laku peserta didik baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Hasil penelitian ini juga mendapatkan keterangan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kerjasama antar guru, dukungan dari pihak sekolah untuk pengembangan kompetensi guru dan suasana lingkungan yang kondusif menjadi faktor pendukung kinerja guru dalam pembelajaran. Namun masih rendahnya pengetahuan tentang kinerja pembelajaran dan terbatasnya sarana pendukung serta rendahnya motivasi guru menjadi penghambat kinerja pembelajaran guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:07
Last Modified: 13 Apr 2018 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7458

Actions (login required)

View Item View Item