Pengembangan Metode Membaca Permulaan Bagi Siswa SD/MI di Kabupaten Gowa

HALIMAH, ANDI (2018) Pengembangan Metode Membaca Permulaan Bagi Siswa SD/MI di Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
bab 1 oke ji.docx

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan prototipe metode pembelajaran membaca permulaan bagi peserta didik kelas I SD/MI berupa tahapan dan langkah-langkah pembelajaran untuk memudahkan guru mengajar dan peserta didik belajar membaca. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan prototipe tahapan metode membaca permulaan bagi peserta didik di SD/MI yang layak digunakan. Desain penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan oleh Thiagarajan dengan Model Four-D yaitu define, design, develop, and disseminate. Berdasarkan analisis kebutuhan terkait pengembangan metode membaca permulaan yang diperoleh dari SD Negeri Taeng, dihasilkan rancangan atau prototipe perangkat metode pembelajaran membaca permulaan untuk peserta didik kelas 1 SD/MI. Untuk memperoleh prototipe metode membaca permulaan yang valid, telah melalui validasi ahli pembelajaran bahasa. Untuk kepraktisan, diperoleh dari respons guru terkait kepraktisan langkah-langkah metode pembelajaran membaca permulaan, dan untuk keefektivan diberikan tes membaca terhadap subjek penelitian. Untuk uji coba terbatas dilakukan di SDN Taeng dan untuk uji coba lapangan dilakukan di MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa. Hasil pengembangan tahap pendefinisian, diperoleh prototipe pengembangan metode membaca permulaan sesuai Standar Isi Kurikulum 2013 dan analisis kebutuhan pengembangan yang meliputi: analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran.Tahap perancangan, menghasilkan prototipe I berupa rancangan RPP, materi dan media, langkah-langkah atau tahapan metode, tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan metode membaca permulaan. Hasil rancangan divalidasi oleh ahli sebanyak dua kali. Hasil validasi pertama dinyatakan belum layak, kemudian dilanjutkan dengan revisi perangkat lalu dilakukan validasi tahap kedua yang menghasilkan prototipe II, selanjutnya produk dinyatakan valid dan layak digunakan baik dari segi materi, penyajian, tampilan , maupun aspek bahasa.Prototipe tersebut adalah hasil pengembangan dari metode eja, metode suku kata, metode kata dan kalimat. Tahap pengembangan, dilakukan dengan menguji coba secara terbatas prototipe metode membaca permulaan di SD Negeri Taeng dan MIN Bontosunggu Kabupaten Gowa dan hasil tes peserta didikefektif terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan sehingga prototipe tersebutmemenuhi syarat keefektivan dan layak digunakan pada kelompok yang lebih luas (uji coba lapangan). Untuk kepraktisan metode, respons guru menunjukkan hasil sangat baik dan dinyatakan praktis serta layak digunakan.Tahap penyebaran, dilakukan hanya dengan cara pendistribusian produk pada sekolah uji coba dan sosialisasi hasil pengembangan pada sekolah dan madrasah lain dilingkup Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:57
Last Modified: 13 Apr 2018 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7450

Actions (login required)

View Item View Item