Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru, Kepribadian Siswa, dan Potensi Akademik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai.

TOJANG, ANDI BATARI (2016) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru, Kepribadian Siswa, dan Potensi Akademik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (53kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru, kepribadian siswa, dan potensi akademik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan two-stage proporsional stratified random sampling. Keseluruhan sampel adalah 150 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru, angket kepribadian siswa, tes potensi akademik, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) kepribadian siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) potensi akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa; (4) persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru, kepribadian siswa, dan potensi akademik secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa; (5) interaksi antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru dan kepribadian siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa; (6) interaksi antara kepribadian siswa dan potensi akademik tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:49
Last Modified: 13 Apr 2018 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7445

Actions (login required)

View Item View Item