Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD

SYAMSURIA, SYAMSURIA (2015) Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SYAMSURIAH, 2014..docx

Download (14kB)

ABSTRAK SYAMSURIAH. 2014. Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (AUD) (dibimbing oleh Achmad Tolla dan Muhammad Jufri). Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran tentang pelaksanaan pengembangan perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, yang valid, praktis, dan efektif bagi Anak Usia Dini, dan (2) Untuk memperoleh produk berupa perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, yang valid, praktis, efektif, dan efisien di TK Al Qalam Kabupaten Gowa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D) model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: 1. Analysis (analisa), 2. Design (desain/perancangan), 3. Development (pengembangan), 4. Implementation (implementasi), dan 5. Evaluation (evaluasi/umpan balik). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Buku Pedoman Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak, khususnya pada kelompok B. Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan Lembar Kegiatan Anak (LKA). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa perangkat Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Al Qalam Kabupaten Gowa yang dikembangkan adalah: (1) kevalidan Buku Pedoman Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Bidang Sains untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid), Program Semester memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid), Rencana Kegiatan Mingguan memiliki validitas rata-rata 3,15 (kategori valid), Rencana Kegiatan Harian memiliki validitas rata-rata 3,5 (kategori valid), dan Lembar Kegiatan Anak memiliki validitas rata-rata 3,25 (kategori valid). (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran, dianalisis dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran diperoleh percentage of agreement (PA) sebesar 100%. Berdasarkan hasil pengamatan oleh dua observer terhadap kemampuan guru dalam menerapkan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keterlaksanaan yaitu sudah terlaksana seluruhnya (1,5 ≤ X < 2,0) pada saat proses berlangsung. Dengan demikian, perangkat Model Pembelajaran tersebut, layak digunakan dalam proses pembelajaran, dan (3) Keefektifan perangkat model pembelajaran demonstrasi dikatakan efektif dimana tiga orang guru (100%) memberikan respon sangat baik. Kata kunci: Pembelajaran demonstrasi, pengembangan kognitif, anak usia dini. ABSTRAKCT SYAMSURIAH, 2014. Demonstration Learning Model in Science to the Cognitive Development of Early Childhood (supervised by Achmad Tolla and Muhammad Jufri). The objectives of this research are: 1) to provide a description on the implementation of instrument development of demonstration learning model in science to the cognitive development of early childhood which is invalid, practical, and affective and 2) to produce a valid, practical, effective, and efficient instrument of demonstration learning model in science to develop early childhood cognitive of students in TK Al Qalam, Gowa. This is a research and development (R & D) study of ADDIE model which consisted 0f 5 phases of development, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The developed learning instrument consisted of guided book of demonstration learning model in science to the cognitive development of early childhood in kindergarten, especially class B, semester program, Weekly Activities Plan, Daily Activities Plan, and Student,s Workbook. The result of this study revealed that (1) the developed instruments are valid, where the mean validity score of guided book is 3,25 (valid category), semester prigram is also 3,25 (valid category), Weekly Activities Plan is 3,15 (valid category) Daily Activities Plan 3,5 (valid category), and Student,s Workbook is 3,25 (valid category); (2) the practicality of instrument analyzed by applying observation sheet to measure teacher,s ability to implement the instrument obtained percentage of agreement. 100%. Based on the observation from two observers on teachers, ability in implementing demonstration learning model instrument on science to the cognitive development of early childhood has met the criteria which is completely implemented (1.5 ≤ X < 2.0) during the process. Thus, the instrument of learning model is feasible to be used in learning process; and (3) the effectiveness of demonstration learning model is confirmed as effective because three teachers (100%) give a very good response. Keywords: Demonstration learning model, cognitive development, early childhood

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Jun 2016 03:51
Last Modified: 27 Jun 2016 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item