Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima.

RATNAH, RATNAH (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Number Head Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ISI ARTIKEL ONE OKY.docx

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan motivasi belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Number Head Together (NHT) (2) Perbedaan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Number Head Together (NHT) (3) Perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan the pretest-posttest non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima Provinsi NTB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randon sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas X-A yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), dan kelas X-B yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Number Head Together (NHT). Dalam hal ini motivasi belajar ekonomi siswa dan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (2) Terdapat perbedaan motivasi belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT. Dalam hai ini motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) (3) Terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT. Dalam hai ini hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palibelo Bima yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:39
Last Modified: 13 Apr 2018 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7436

Actions (login required)

View Item View Item