Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Siswa SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo

RIADI, AHMAD (2017) Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Siswa SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (76kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui aktivitas belajar biologi melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo; (ii) mengetahui hasil belajar biologi melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo; (iii) Mengetahui informasi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi yang diajar melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R dan yang diajar tanpa menerapkan metode pembelajaran PQ4R siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo yang berjumlah 144 orang sedangkan sampelnya adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol, dimana masing-masing kelas tersebut berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket aktivitas untuk mengukur aktivitas belajar dan tes hasil belajar biologi untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Data dianalisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar biologi siswa, analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan statistik parametrik dengan uji-t data independen dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Hasil analisis deskriptif menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan penggunaan metode pembelajaran PQ4R dikategorikan efektif dan lebih baik dari pembelajaran metode konvensional; (ii) Hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan penggunaan metode pembelajaran PQ4R mengalami peningkatan nilai rata-rata antara sebelum dan sesudah perlakuan sebesar 29.24. Hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan penggunaan metode pembelajaran PQ4R lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan penggunaan metode konvensional; (iii) Terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar biologi siswa (nilai sig. 0,001) yang diajar dengan penggunaan metode pembelajaran PQ4R dengan penggunaan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:28
Last Modified: 13 Apr 2018 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item View Item