Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass dalam Permainan Bolabasket pada Siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng

H. ARAFAH, H. ARAFAH (2015) Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Chest Pass dalam Permainan Bolabasket pada Siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I1.doc

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang : (1) pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learnig terhadap hasil belajar keterampilan chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng; (2) pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar keterampilan chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng; (3) apakah ada perbedaan pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learnig dan Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar keterampilan chest pass dalam permainan bola basket pada siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Group Pretest Postest Design yang melibatkan variabel perlakuan yaitu metode pembelajaran project based learning dan metode pembelajaran discovery learning serta variabel terikat adalah hasil belajar keterampilan chest pass dalam permainan bolabasket. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng yang berjumlah 496 orang, yang terdiri dari siswa kelas VII berjumlah 162 orang ( putra = 80 orang, putri = 82 orang, siswa kelas VIII berjumlah 157 orang (putra = 82 0rang, putri = 75 orang), dan siswa kelas IX berjumlah 177 orang (putra = 83 orang, putri = 94 orang) Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini dipilih secara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa putra SMP Negeri 2 Watansoppeng pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian berupa keterampilan chest pass. Dari hasil test awal disusun menurut rengking nilai tertinggi, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang (ordinal pairing). Data dianalisis menggunakan uji t berpasangan, uji anava satu jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat α 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan chest pass siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng (p < α 0.05), 2) Metode Discovery Learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan chest pass siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng (p < α 0.05), 3) ada perbedaan pengaruh, Metode Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan Metode Project Based learning secara signifikan meningkatkan keterampilan chest pass siswa SMP Negeri 2 Watansoppeng

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:25
Last Modified: 13 Apr 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item