Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Interaksi Sosia Siswa di SMA Negeri 3 Morotai

Ratnasari. T, Sri (2015) Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Interaksi Sosia Siswa di SMA Negeri 3 Morotai. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.doc

Download (359kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah penerapan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Masalah utama penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Assertive training di SMA Negeri 3 Morotai? (2) Bagaimana penerapan konseling kelompok dengan teknik Assertive training dapat meningkatkan interaksi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Morotai? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran interaksi sosial siswa sebelum dan sesudah di diberikan teknik Assertive training di SMA Negeri 3 Morotai (2) Untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan teknik Assertive training untuk meningkatkan interaksi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Morotai. Penelitian ini menggunakan pendekatan True Experimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Populasi dan Sampel penelitian (1) populasi, siswa yang menjadi populasi sebanyak 44 (2) sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 (11 eksperimen dan 11 kontrol). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis wilcoxcon. Hasil penelitian inimenunjukkan (1) Gambaran Tingkat interaksi sosial siswa di SMA Negeri 3 Morotai, dari hasil pre-test baik kelompok eksperimen maupun kontrol berada pada kategori rendah. Namun demikian setelah diberi perlakuan teknik assertive training menunjukkan perubahan dari tingkat interaksi sosial siswa yang rendah menjadi kategori tinggi, sedangkan bagi kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan berarti atau tetap dalam kategori rendah. (2) Penerapan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan interaksi sosial siswa di SMA Negeri 3 Morotai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:22
Last Modified: 13 Apr 2018 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item