Efektivitas Penggunaan Media Grafik dan Gambar dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Tompobulu Kabupaten Maros

IRMAWATI, IRMAWATI (2016) Efektivitas Penggunaan Media Grafik dan Gambar dalam Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Tompobulu Kabupaten Maros. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (38kB)

ABSTRAK Penggunaan media grafik dan gambar dapat memberikan informasi yang lebih nyata dibandingkan dengan tidak menggunakan media. Dengan penjelasan menggunakan media peserta didik dapat lebih memahami materi pelajaran. Media ini dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dengan pemahaman yang lebih mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis gambaran hasil belajar sebelum menggunakan media grafik dan gambar, setelah menggunakan media grafik dan gambar, perbedaan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media grafik dan gambar pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 21 Tompobulu Kabupaten Maros. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain kelompok pembanding pretest-postest beracak dengan tiga kelompok perlakuan yang berbeda, dimana kelompok A yang menggunakan media grafik, kelompok B dengan media gambar dan kelompok C dengan media grafik dan gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument hasil belajar pretest dan posttest dengan uji anova satu jalur, teknik analisis statistik infrensial hasil uji pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) hasil belajar peserta didik sebelum perlakuan pada kelompok A sebesar 13,04 persen, kelompok B sebesar 9,09 persen dan kelompok C sebesar 8,33 persen perolehan nilai tuntas (ii) perolehan nilai hasil belajar setelah perlakuan pada kelompok A sebesar 56,52 persen, kelompok B 50,00 persen dan kelompok C 75,00 persen perolehan nilai ketuntasan peserta didik, ini menunjukkan terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar (iii) nilai rata-rata pretest kelompok A sebesar 40,00, kelompok B sebesar 48,18 dan kelompok C sebesar 44,17. Nilai rata-rata posttest pada masing-masing kelompok perlakuan adalah 64,35, 64,09 dan 72,50. Selisih atau gain yang terendah yakni 15,92 yang menggunakan media gambar dan gain tertinggi yang menggunakan media grafik dan gambar sebesar 28,33. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan media grafik dan gambar yang memiliki hasil belajar yang tertinggi setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dengan penggunaan media grafik dan gambar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Tompobulu Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:02
Last Modified: 13 Apr 2018 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7412

Actions (login required)

View Item View Item