Studi Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 pada SMP Negeri di Kabupaten Takalar

PATIMARI, SUMIATI (2015) Studi Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 pada SMP Negeri di Kabupaten Takalar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Mengetahui Proses Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) pada tahap Kegiatan Awal, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup serta Mengetahui Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 pada SMP Negeri di Kabupaten Takalar. Untuk mencapai tujuan tersebut dipilih jenis penelitian survei yang bersifat evaluasi, Subjek penelitian adalah guru Seni Budaya (Seni Rupa) yang berada di SMP Negeri 1 Takalar, SMP Negeri 2 Takalar, SMP Negeri 1 Mangarabombang, SMP Negeri 1 Palombangkeng Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian Instrumen dilakukan oleh 2 pakar yang telah divalidasi dan dianalisis dengan validasi butir dengan menggunakan skor jumlah. Teknik analisis data digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada umumnya telah tersusun sesuai dengan Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses dengan ketercapaian 96% dengan kategori “Sangat Baik”. Penyusunan tersebut disebabkan semua Guru Seni Budaya (Seni Rupa) mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Takalar. Perbedaan dalam penyusunan tersebut di tiap satuan pendidikan terletak pada alat dan bahan atau media yang digunakan dalam pencapaian kompetensi terutama pada aspek keterampilan. Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) menunjukkan bahwa belum sepenuhnya Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran terutama pada kegiatan inti yaitu strategi pembelajaran dengan pendekatan saintifik (5M), penggunaan sarana dan prasarana di sekolah sebagai media dan sumber belajar, namun secara keseluruhan pada kegiatan pembelajaran menunjukkan ketercapaian 79% dari semua indikator hal ini dapat dikategorikan “Baik”. Kegiatan Pelaksanaan Penilaian Seni Budaya (Seni Rupa) Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa pada umumnya belum terlaksana disebabkan Guru belum memahami mekanisme dalam Permendikbud No. 66 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013 yaitu pada penilaian sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran berlangsung dengan ketercapaian 26% hal ini dikategorikan “Sangat Kurang”.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:57
Last Modified: 13 Apr 2018 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7407

Actions (login required)

View Item View Item