Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Barru

NIRWANAH, NIRWANAH (2015) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sejauh mana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi atmosfer. Penelitian ni bersifat deskriptif dan infrensial. Subjek penelitian peserta didik kelas X IIS 3 sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar (pre test dan post test), observasi sikap peserta didk, dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran PBL. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran PBL pada siklus I dan II. Pada siklus I hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan 43,14% menjadi 67,14% atau secara klasikal meningkat 24%, sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik yakni 45,71% meningkat 82,86%. Atau secara klasikal meningkat 36.91% .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:51
Last Modified: 13 Apr 2018 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item View Item