Kemampuan Memparafrase Naskah Cerpen ke Naskah Drama Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar

Jusmiati, Rachman (2014) Kemampuan Memparafrase Naskah Cerpen ke Naskah Drama Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jusmiati Rachman.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Jusmiati Rachman, 2014. “Kemampuan Memparafrase Naskah Cerpen ke Naskah Drama Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing oleh Drs.H. A. Wardihan P, M,Pd dan Dr. Juanda M.Hum.). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan memparafrase naskah cerpen ke naskah drama siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 146 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Berdasarkan hasil undian, kelas yang terpilih untuk dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 4 sampel yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan memparafrase naskah cerpen ke naskah drama siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar berada pada kategori belum mampu. Hal ini dinyatakan berdasarkan data hasil tes kemampuan siswa memparafrase naskah cerpen ke naskah drama, yaitu sebanyak 19 siswa perempuan kelas XI IPA 4 hanya 57,89% yang mampu mencapai nilai 75 ke atas dan 6 siswa laki-laki hanya 54,54%. Berdasarkan hasil penelitian ini, diajukan saran sebagai berikut: (1) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memparafrasekan naskah cerpen ke naskah drama siswa kelas XI IPA SMA Negeri 15 Makassar dikategorikan belum mampu. Oleh karena itu, hendaknya guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia memberikan banyak latihan kepada siswa dalam memparafrase naskah cerpen ke naskah drama; (2) Guru sebaiknya mencari strategi mengajar yang lebih variatif guna memperkaya dan meningkatkan pembelajaran menulis siswa, khususnya di SMA Negeri 15 Makassar;(3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan perbandingan untuk meningkatkan kualitas pengajaran mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, khususnya memparafrase naskah cerpen ke naskah drama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item