Pengaruh Kompetensi Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Pengembangan Pengawas Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA di Kabupaten Buru Selatan.

MARNO, LA ODE (2016) Pengaruh Kompetensi Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Pengembangan Pengawas Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA di Kabupaten Buru Selatan. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL MARNO.docx

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi evaluasi pendidikan dan penelitian pengembangan pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Buru Selatan. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 103 orang guru SMA di Kabupaten Buru Selatan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan instrumen kuisioner dengan 6 alternatif jawaban model Skala Likert modifikasi Agung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) kompetensi evaluasi pendidikan pengawas sekolah dalam kategori rendah; (ii) hasil kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah berada pada kategori tinggi; (iii) hasil pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah berada pada kategori baik (iv); Profesionalisme guru berdasarakan hasil UKG SMA tahun 2015 berada pada kategori rendah; (v) terdapat Pengaruh langsung yang signifikan kompetensi evaluasi pendidikan pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Buru Selatan; (vi) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Buru Selatan; (vii) terdapat pengaruh langsung yang signifikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Buru Selatan; (viii) tidak terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kompetensi evaluasi pendidikan terhadap profesionalisme guru melalui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah; (ix) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah terhadap profesionalisme guru melalui pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah; (x) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kompetensi evaluasi pendidikan, penelitian pengembangan, dan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Buru Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:43
Last Modified: 13 Apr 2018 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item