Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Atas dengan Menggunakan Pendekatan Metode Bola Pantul pada PermainanBolavoli Mini Murid Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 114 Kebo Kabupaten Soppengi

SUHERMAN, SUHERMAN (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Atas dengan Menggunakan Pendekatan Metode Bola Pantul pada PermainanBolavoli Mini Murid Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 114 Kebo Kabupaten Soppengi. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal.doc

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam proses belajar mengajar dengan materi passing atas pada permainan bolavoli mini murid kelas VI Sekolah Dasar Negeri 114 Kebo Kabupaten Soppeng adalah kurangnya kemampuan murid dalam melakukan keterampilan passing atas. Sehingga sebagian besar murid mendapatkan nilai di bawah standard kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini diteliti melalui pendekatan metode bola pantul. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pendekatan metode bola pantul dapat meningkatkan kemampuan passing atas dalam permainan bolavoli mini pada murid kelas VI SD Negeri 114 KeboKabupatenSoppeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah pendekatan metode bola pantul sedangkans ubjeknya adalah murid kelas VI Sekolah Dasar Negeri 114 Kebo Kabupaten Soppeng yang berjumlah 23 orang dengan rincian 11 murid laki-lak idan 12 murid perempuan. Pertemuan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus sementara teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi guru, lembar observasi murid, instrument penilaian aspek kognitif, instrument penilaian aspek afektif dan instrument penilaian aspek psikomotor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 sebanyak 13 murid (57%) yang tuntas dan 10 murid (43%) yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus 2 sebanyak 20 murid (87%) yang tuntas dan 3 murid (13%) yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan sebesar 30 % dari siklus 1 kesiklus 2, sehingga dapat dikatakan bahwa pendekatan metode bola pantul dapat meningkatkan kemampuan passing atas pada permainan bolavoli mini murid kelas VI Sekolah Dasar Negeri 114 Kebo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:40
Last Modified: 13 Apr 2018 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7396

Actions (login required)

View Item View Item