Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah pada Sekolah-Sekolah Umum YPS Soroako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur

BADARRUSALEH, BADARRUSALEH (2014) Implementasi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah pada Sekolah-Sekolah Umum YPS Soroako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
tesis B.SALEH for cdjurnal BURN.doc

Download (373kB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan manajerial kepala sekolah mengelola pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Hal inilah yang dimplementasi para kepala sekolah dalam lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran kemampuan manajerial kepala sekolah pada lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako? (ii) Faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) apa yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah dalam lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako? dan (iii) Faktor-faktor eksternal (peluang dan tantangan) apa yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah pada lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mendapatkan gambaran bagaimana kemampuan manajerial kepala sekolah pada lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako, (ii) Untuk mengetahui faktor-faktor internal apa yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah dalam lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako, dan (iii) Untuk mengetahui faktor-faktor eksternal apa yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah pada lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Kemampuan majaerial kepala sekolah dalam lingkup Sekolah-Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako diperlukan efektivitas dan oprimal penerapannya di sekolah, karena hal ini sangat menunjang pelaksanaan manajemen pembelajaran. Hasil penelitian telah sesuai melalui perencanaan sekolah, pengorganisasian sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, penciptaan iklim dan budaya sekolah, dan monitoring evaluasi, dan pelaporan. (ii) Faktor-fakto internal yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah berupa kekuatan pada prinsipnya didukung pelaksanaannya oleh para kepala sekolah. Sedangkan yang merupakan kelemahan tidak semua kepala sekolah menyetujui, bahkan ada yang dapan menjadikannya sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri, dan (iii) Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan manajerial kepala sekolah yang berupa peluang para kepala sekolah menyetujui berlakunya, tetapi yang merupakan tangtangan tidak semuanya dianggap sebagai tantangan, bahkan sebagaian yang merupakan tantangann dapat dijadikan pemicu untuk melakukan prestasi terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:39
Last Modified: 13 Apr 2018 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7395

Actions (login required)

View Item View Item