Model Pengembangan Sistem Evaluasi belajar Berbasis Komputer pada Akademi Teknik Elektro Medik Muhammadiyah Makassar

Buhaerah, Buhaerah (2015) Model Pengembangan Sistem Evaluasi belajar Berbasis Komputer pada Akademi Teknik Elektro Medik Muhammadiyah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (78kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : (i) untuk menghasilkan pengembangan sistem evaluasi belajar berbasis komputer di Akademi Teknik Elektro medik, (ii) untuk mengembangkan struktur desain model evaluasi belajar berbasis komputer di Akademi Teknik Elektro medik, (iii) untuk mengetahui keefektifan sistem evaluasi belajar berbasis komputer yang di terapkan di Akademi Teknik Elektro medik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana dikembangkan suatu model pengembangan sistem evaluasi belajar berbasis komputer dengan menggunakan aplikasi moodle. Metode pengupulan data yang digunakan yakni observasi, kuisioner, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif. Tahapan pengembangan dimulai dari tahapan pendahuluan yang terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data; (b) tahapan pengembangan terdiri dari desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk; dan (c) tahapan evaluasi dalam hal ini produksi massal. Produk yang dihasilkan dari tahapan-tahapan tersebut divalidasi oleh ahli evaluasi dan ahli media dengan ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok terbatas. Konsistensi hasil penilaian dapat diketahui dari tingginya koefisien korelasi hasil penilaian yakni kesamaan kesepakatan antar penilai dalam pemberian skor terhadap unjuk kerja objek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sistem evaluasi belajar berbasis komputer telah dikembangkan dan sudah memenuhi kreteria: (1) valid berdasarkan penilaian validator, (2) hasil ujicoba lapangan produk sistem evaluasi belajar berbasis komputer menunjukkan bahwa struktur desain diawali pembuatan bank soal yang latakkan pada komputer server dengan alamat htt://atemmuhmks.com dilihat dari aspek tampilan dan pemrograman mengadopsi konsep kemudahan terhadap pengguna (user friendly) dalam menjawab soal dengan menggunakan aplikasi moodle yang disertai petunjuk untuk mengerjakan latihan, quis dan soal, (3) sistem evaluasi belajar sangat memudahkan dosen dalam mengelola hasil evaluasi mahasiswa sampai tahap mengumumkan hasil evaluasi belajar mahasiswa sehingga dinilai efektif untuk digunakan sebagai media evaluasi khususnya di Akademi Teknik Elektro medik Muhammadiyah Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:35
Last Modified: 13 Apr 2018 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7393

Actions (login required)

View Item View Item