Pengembangan Model Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMP Negeri 1 Enrekang

SULAIMAN., FITRIYANTI (2015) Pengembangan Model Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Di SMP Negeri 1 Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Fitriyanti Sulaiman.docx

Download (46kB)

ABSTRAK Penelitian Pengembangan ini dilakukan di SMP Negeri 1 Enrekang dengan subjek penelitian 10 orang.Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran analisis kebutuhan siswa. (2) Menghasilkan suatu model bimbingan belajar yang acceptable (berterimaan) dari aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatan. (3) Mengetahui efektifitas model bimbingan belajar untuk meningkatkan motivasi berprestasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development), Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan instrument angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Panduan bimbingan belajar yang diuji ahlikan kepada 3 (tiga) ahli telah layak, diterima dan dapat diujikan kepada siswa. Dengan demikian hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi berprestasi siswa rendah. (2) Menghasilkan suatu model bimbingan belajar yang acceptable (berterimaan) dari aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatan. (3) Model bimbingan belajar efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 1 Enrekang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:27
Last Modified: 13 Apr 2018 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7389

Actions (login required)

View Item View Item