Komparasi Pembelajaran Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Watampone

NINGSIH, HERNIA (2015) Komparasi Pembelajaran Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Watampone. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL HERNIA NINGSIH.docx

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan yang dinamis dan merupakan syarat perkembangan. Oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang seharusnya sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada guru. Sehubungan dengan itu, guru merupakan aktor utama dalam mewujudkan tercapainya kualitas sumber daya manusia yang handal melalui pendidikan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran saintifik setting kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 6 Watampone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Watampone yang berjumlah 497 siswa dan tersebar dalam 10 kelas paralel. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling maka terpilih 2 kelas yaitu VII/G sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan pembelajaran saintifik setting kooperatif tipe STAD dan kelas VII/E sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Data dalam penelitian ini berupa data aktivitas, respon, dan nilai posttest siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa yang telah divalidasi oleh para ahli. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas antara siswa pada kelas eksperimen 1 dengan siswa pada kelas eksperimen 2, dilakukan uji Anova (Analysis of Varians). Dan untuk mengetahui perbedaan respon dan nilai posttest antara siswa pada kelas eksperimen 1 dengan siswa pada kelas eksperimen 2, maka dilakukan uji Manova (Multivariate Analysis of Varians) dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik setting model pembelajaran koperatif tipe STAD dan yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sama-sama berada pada kategori baik; (2) respon siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik setting model pembelajaran koperatif tipe STAD dan yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sama-sama berada pada kategori cenderung positif; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas, respon, dan nilai posttest antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan saintifik setting model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII SMP Negeri 6 Watampone.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:09
Last Modified: 13 Apr 2018 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item