“Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Model Bermain Dengan Menggunakan Media Gardus Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 255 Pancaitana Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng

ABIDIN., ZAENAL (2015) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Model Bermain Dengan Menggunakan Media Gardus Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 255 Pancaitana Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal.doc

Download (99kB)

ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Negeri255 Pancaitana Kabupaten Soppeng kurang memuaskan bagi guru penjasorkes, hasil yang didapatkan siswa pada tesevaluasi akhir pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekata nbermain lompat gardus atau mengvariasikan berbagai macam permainan kedalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yaitu“Apakah melalui pendekatan bermain menggunakan gardus dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 255 Pancaitana Kabupaten Soppeng tahun 2015.Lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan gardus bekas merupakan salah satu alternatif pembelajaran lompat jauh di Sekolah Dasar. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain pada materi lompat jauhg aya jongkok dengan menggunakan media gardus sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri255 Pancaitana Kabupaten Soppeng. Saran dari peneliti meliputi beberapa hal yaitu: diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran, guru dapat menvariasikan berbagai macam bentuk permainan dalam pembelajaran, dan media gardus dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan alat peraga dalam pembelajaran lompat jauh. Bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media yang sangat sederhana didalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 01:01
Last Modified: 13 Apr 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item