Deskripsi Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika Di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap

MUSLIMIN, MAHYUDDIN (2015) Deskripsi Kinerja Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika Di MA DDI Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal-print out.docx

Download (128kB)

ABSTRAK Berkembangnya suatu kualitas pendidikan tidak lepas dari peran kinerja para guru. Tanpa kinerja guru yang baik maka pencapaian kualitas pendidikan akan sulit untuk dicapai. Dalam hal ini peran pemerintah sangat diperlukan untuk peningkatan kinerja guru tersebut. Selain itu potensi kualitas pendidikan juga tidak bisa dikesampingkan, karena dua hal tersebut sangat penting untuk majunya pendidikan. Keberhasilan suatu pendidikan menurut penelitian dipengaruhi oleh faktor tenaga pendidikan (50%), kurikulum (20%), sarana dan prasarana (20%), peserta didik (10%). Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana deskripsi identitas personal dan kinerja guru Matematika Madrasah Aliyah DDI Tellu Limpoe dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika ? Tujaun penlitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi identitas personal dan kinerja guru Matematika MA DDI Tellu Limpoe dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa (i) Diskripsi identitas personal (data kepegawaian) guru matematika MA DDI Tellu Limpoe, memiliki masa kerja 2 orang diantaranya diatas 5 tahun dan sisanya 1 orang dibawah 5 tahun, secara umum menunjukkan kualitas diskripsi kinerja guru matematika pada MA DDI Tellu Limpoe yang tergolong ke dalam kategori cukup baik; (ii) dalam pembuatan perangkat pembelajaran berupa dokumen silabus dan RPP yang dimiliki guru tidak relevan dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas; (iii) bahan ajar telah dikembangkan dari yang mudah ke yang sukar dan dari yang sederhana ke yang kompleks, keluasan dan kedalaman bahan ajar belum memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat, motivasi tinggi dan rendah); (iv) strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran sudah relevan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai peserta didik namun strategi dan metode pembelajaran yang dipilih belum sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik dan setiap tahapan pembelajaran belum diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik; (v) kecenderungan pembelajaran dilakukan secara klasikal (ceramah, diskusi dan tanya jawab); (vi) guru dalam proses menerangkan materi, sering kali melakukan gerak bebas, memberi isyarat dan sesekali berjalan menuju ke belakang melakukan pola interaksi antara guru dengan murid; (vii) adanya kejelasan pertanyaan disampaikan guru dengan mengulang-ulang penjelasan-penjelasan sebelumnya, disetiap kesempatan guru memberikan pertanyaan ditujukan keseluruh kelas lalu

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 00:46
Last Modified: 13 Apr 2018 00:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item