Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika dengan Menggunakan Metode Eksperimen ( PTK pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri Mangempang Kab.Barru

GAFUR, ABDUL (2016) Peningkatan Penguasaan Konsep dan Pemecahan Masalah Fisika dengan Menggunakan Metode Eksperimen ( PTK pada Peserta Didik Kelas IX MTs Negeri Mangempang Kab.Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL TESIS.docx

Download (70kB)

ABSTRAK Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatan penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika pada peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart sedangkan aplikasi perangkat menggunakan disain sistem siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Mangempang Barru dengan subjek penelitian adalah kelas IX.4. Pengumpulan data dilakukan melalui eksperimen, observasi dan tes untuk mengukur penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika peserta didik, kemudian selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan sistem siklus, yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Tes Pemecahan Masalah serta Penguasaan Konsep setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat tersebut dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika. Sedangkan hasil tes pemecahan masalah dan penguasaan konsep menunjukkan adanya peningkatan baik secara individual maupun secara klasikal terhadap peserta didik. Dengan demikian penggunaan perangkat pembelajaran dengan sistem siklus pembelajaran pada metode eksperimen dapat meningkatkan penguasaan konsep dan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 00:43
Last Modified: 13 Apr 2018 00:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7359

Actions (login required)

View Item View Item