Pengembangan Model Konseling Perencanaan Karir Berbasis Genogram

SATRIANTA, HENGKI (2015) Pengembangan Model Konseling Perencanaan Karir Berbasis Genogram. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
HENGKI JURNAL.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Perencanaan karir merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan karir siswa. Faktanya, masih banyak siswa yang belum memiliki perencanaan karir ke depan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melalui rumusan model konseling perencanaan karir berbasis genogram. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimanakah gambaran pelaksanaan bimbingan karir dan perencanaan karir siswa sebagai kebutuhan dalam pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram? (ii) bagaimanakah gambaran model hipotetik pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram? dan (iii) bagaimanakah gambaran model operasional pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan bimbingan karir dan perencanaan karir siswa sebagai kebutuhan dalam pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram, (ii) untuk mengetahui gambaran model hipotetik pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram, dan (iii) untuk mengetahui gambaran model operasional pengembangan model konseling perencanaan karir berbasis genogram. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan mempedomani langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek uji coba penelitian terdiri dari (i) ahli di bidang BK dan media, dan (ii) sasaran pengguna produk, yaitu guru BK. Penelitian ini dilakukan dengan menguji coba produk penelitian dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) siswa di SMP Kota Kendari memiliki kemampuan perencanaan karir yang rendah dan belum terdapat model konseling yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa, (ii) model hipotetik yang merupakan bentuk awal dari model konseling perencanaan karir berbasis genogram terdiri dari dua bagian yang merupakan satu kesatuan yaitu model konseling perencanaan karir berbasis genogram dan petunjuk teknis pelaksanaannya, dan (iii) model operasional konseling perencanaan karir berbasis genogram yang telah dikembangkan memiliki tingkat kesahihan konstruk yang layak berdasarkan hasil uji kesahihan konstruk. Selain itu, model operasional yang terkembangkan memiliki tingkat kesahihan empiris yang tinggi berdasarkan penilaian pengguna yakni guru BK di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 May 2018 05:39
Last Modified: 08 May 2018 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7351

Actions (login required)

View Item View Item