Studi Evaluatif Terhadap Penilaian Hasil Belajar Seni Budaya Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Takalar

BAKRI, MUHAMMAD (2015) Studi Evaluatif Terhadap Penilaian Hasil Belajar Seni Budaya Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Takalar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar guru seni rupa SMA Negeri di Kabupaten Takalar yang difokuskan pada: 1) aspek context meliputi pemahaman guru terhadap Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Estetika; 2) aspek process meliputi bagaimana perencanaan penilaian dan pelaksanaan penilaian yang dilakukan oleh guru seni rupa; 3) aspek output meliputi bagaimana hasil belajar peserta didik. Tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui kegiatan penilaian hasil belajar mata pelajaran seni rupa yang dilakukan oleh guru mata pelajaran seni rupa pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance dari stake yang terdiri atas context, process, output. Penelitian dilakukan pada tujuh SMA Negeri di Kabupaten Takalar sebagai sampel, objek penelitian ini adalah penilaian hasil belajar guru seni rupa. Pengumpulan data menggunakan koesioner, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validasi instrumen menggunakan validasi oleh dua pakar/ahli dan dianalisis dengan validasi butir dengan menggunakan skor jumlah. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) pengumpulan data; 2) reduksi data; 3) penyajian data; 4) kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aspek context menunjukkan bahwa guru seni rupa SMA Negeri di Kabupaten Takalar masih banyak yang belum memiliki dokumen dan bahkan tidak mengetahui tentang Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 dan Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Estetika.; 2) aspek process menunjukkan bahwa secara administrasi, guru seni rupa telah menyusun perencanaan penilaian walaupun mereka tidak memiliki dokumen standar penilaian, namun pada tahap pelaksanaan penilaian masih ada guru seni rupa yang tidak melakukan penilaian berdasarkan prinsip-prinsip dan teknik penilaian yang tepat; 3) aspek output penilaian hasil belajar seni rupa peserta didik, guru telah melaksanakan penilaian walaupun tidak sepenuhnya berdasar pada standar penilaian dan panduan penilaian kelompok mata pelajaran estetika, dan hasil penilaiannya telah cukup memuaskan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2018 00:13
Last Modified: 13 Apr 2018 00:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7340

Actions (login required)

View Item View Item