Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Timor untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Siswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan

ARDAN, ANDAM SURIANTY (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Timor untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Siswa Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel 2.docx

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran Biologi yaitu RPP, bahan ajar, media dan LKS, kelas X SMA pada topik Keanekaragaman Hayati dan Dasar Klasifikasi, Ekosistem dan Masalah Lingkungan berbasis kearifan lokal Timor; (2) Untuk menganalisa peningkatan pengetahuan lingkungan siswa setelah diberikan perangkat pembelajaran Biologi yaitu bahan ajar, media dan LKS, kelas X SMA pada topik Keanekaragaman Hayati dan Dasar Klasifikasi, Ekosistem dan Masalah Lingkungan berbasis kearifan lokal Timor; (3) Untuk menganalisa perubahan sikap siswa setelah diberikan perangkat pembelajaran Biologi yaitu RPP, bahan ajar, media dan LKS, kelas X SMA pada topik Keanekaragaman Hayati dan Dasar Klasifikasi, Ekosistem dan Masalah Lingkungan berbasis kearifan lokal Timor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R & D) yang terdiri dari tahapan penelitian yaitu tahap 1 berupa tahap analisis kebutuhan, dengan cara metode survei untuk mencari materi kearifan lokal yang akan disisipkan pada perangkat pembelajaran Biologi, tahap 2 merupakan tahap perancangan produk pembelajaran dan validasi serta tahap 3 yang merupakan tahap eksperimen untuk melihat keefektifan perangkat dalam meningkatkan pengetahuan lingkungan dan sikap siswa dalam menjaga lingkungan dengan memberikan tes pengetahuan sebanyak 30 nomor dan tes sikap sebenyak 25 nomor. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (b) buku ajar Biologi Kelas X dengan Kearifan Lokal Timor bagi guru dan siswa, (c) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) (d) media pembelajaran yaitu micro director untuk Materi Keanekaragaman hayati, power point untuk materi keanekaragaman Hayati, Ekologi dan Ilmu Lingkungan, media Biodiversity map dan Puzzle ekosistem setelah divalidasi dan diuji-cobakan adalah valid dan praktis. (2) Hasil ekperimen pada siswa kelas X Bio 2 SMAN 1 Kupang Barat menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (3) Hasil eksperimen untuk sikap siswa pada kelas X Bio 2 SMAN 1 Kupang menyatakan bahwa ada perubahan sikap siswa menjadi lebih baik setelah penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2018 01:31
Last Modified: 11 Apr 2018 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item View Item