Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Kupang

EKOWATI, CH. KRISNANDARI (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Kupang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Ch.Krisnandari Ekowati artikel have published.doc

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini antara lain (1) isi pasal 8 UU Sisdiknas 20/2003 bahwa masyarakat berperan dalam merencanakan serta mengevaluasi pendidikan, (2) kriteria kurikulum 2013 yang terintegrasi dan bertemakan lingkungan alam, (3) kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pelajaran matematika kurang bermakna, (4) belum memanfaatkan lingkungan sekolah dalam pembelajaran (outdoor learning) sehingga dapat membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa. Selanjutnya tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mendapatkan deskripsi materi pembelajaran matematika yang biasa digunakan oleh guru pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar selama ini, (2) Untuk mengembangkan perangkat pembelajaran tematik berbasis lingkungan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid dan praktis sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan karena menyatu dengan alam/outdoor learning, (3) Untuk mengukur efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan sehingga dapat peningkatan pengetahuan matematika, pengetahuan lingungan serta untuk menanamkan sikap peduli lingkungan pada siswa sejak dini. Metode yang digunakan adalah Research and Development jenis Formative Research yang dikenalkan oleh Tessmer tahun 1993. Selanjutnya ada 3 tahapan penelitian antara lain (1) tahap mendapatkan data awal dengan menggunakan metode survey yang dianalisis secara deskriptif, (2) tahap pengembangan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh pakar pendidikan, pakar lingkungan serta pakar matematika dan (3) tahap eksperimen yang dianalisis secara statistik inferensial menggunakan uji beda t dependent untuk melihat perbedaan pengetahuan matematika dan pengetahuan lingkungan siswa sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelaaran yang dikembangkan serta untuk menanamkam sikap peduli lingkungan pada siswa. Hasil penelitian berdasarkan perumusan masalah antara lain: (1) deskripsi materi pembelajaran selama ini bahwa: (a) pembelajaran konsep matematika kelas 1 SD masih diajarkan tanpa makna / abstrak, (b) pembelajaran belum mengintegrasikan pengetahuan lingkungan dalam setiap konsep, (c) pembelajaran belum berbasis tema sesuai kurikulum 2013, d) pembelajaran belum memanfaatkan lingkungan alam di halaman sekolah sebagai media dalam pembelajaran, (e) pembelajaran belum menanamkan sikap peduli lingkungan pada siswa saat proses pembelajaran di luar kelas, (f) belum adanya buku pegangan bagi guru selain buku paket yang dianjurkan oleh sekolah, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku guru beserta RPP nya, buku siswa, alat peraga dari limbah domestik selama 1 semester, di mana konsep yang dikembangkan dihubungkan dengan lingkungan alam serta adanya outdoor learning untuk menanamkan sikap mencintai lingkungan pada siswa sejak dini yang valid dan praktis menggunakan authentic assessment (3) sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan: (a) dari adanya peningkatan yang significant terhadap pengetahuan matematika, pengetahuan lingkungan serta sikap peduli lingkungan pada siswa, (b) dari hasil observasi selama pembelajaran bahwa sebagian besar respons siswa lebih baik, dan (c) dari hasil pengamatan sebagian besar siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Apr 2018 01:01
Last Modified: 11 Apr 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7326

Actions (login required)

View Item View Item