Alih Kode dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang

Hamzah, Asmita (2017) Alih Kode dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, FBS.

[img]
Preview
Text
ASMITA HAMZAH (ARTIKEL).pdf

Download (353kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) jenis alih kode antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang; (2) jenis alih kode antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa jenis alih kode dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu teknik SBLC, teknik rekam, dan teknik catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni reduksi data, penyajian data, dan verfikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis alih kode antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang, yaitu alih kode intern, yakni dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah dialek Duri dan sebaliknya, dan ekstern, yakni alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dari bahasa daerah dialek Duri ke bahasa Inggris dan sebaliknya; (2) jenis alih kode antara siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Enrekang Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang, yaitu alih kode intern, yakni dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah dialek Duri dan sebaliknya. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada guru dan siswa agar meminimalisir penggunaan bahasa daerah dalam interaksi belajar mengajar dan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukannya sebagai bahasa negara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:21
Last Modified: 10 Apr 2018 08:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item