Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar

Yuastuti M., Besse Sri (2017) Keefektifan Teknik Think Pair Share dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
4. BAB I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar tanpa menggunakan teknik think pair share, (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar menggunakan teknik think pair share, dan (3) Membuktikan keefektifan teknik think pair share dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang dirancang secara kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar yang berjumlah 189 orang. Adapun sampel penelitian berjumlah 75 siswa dari 2 kelas X IPA 2 dan X IPA 3. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak kelas (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas kontrol tanpa menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tidak tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumah 3 orang (8%) belum mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75% sedangkan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Think Pair Share dikategorikan tuntas karena hasil persentase siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 28 orang (76%) telah mencapai kriteia yang ditentukan yaitu 75%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,710 > ttabel = 1,993, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Think Pair Share efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X IPA SMA Negeri 13 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:13
Last Modified: 10 Apr 2018 08:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item