Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN se- Kecamatan Somba Opu Kab. Gowa.

HAIRUNNISA., HAIRUNNISA. (2017) Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN se- Kecamatan Somba Opu Kab. Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL .docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar Biologi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang menjadi focus serta kajian peneliti pada penelitian ini adalah gaya belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (i) Untuk mengetahui gaya belajar siswa; (ii) untuk mengetahui motivasi belajarsiswa; (iii) Untuk mengetahui hasil belajar Biologi siswa; (iv) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa; (v) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa; dan (vi) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI se-kecamatan Somba Opu. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN se-Kecamatan Somba Opu tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 sekolah SMA Negeri, dengan jumlah keseluruhan siswa kelas XI tersebut adalah sebanyak 910 siswa, kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih sebanyak 352 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket gaya belajar siswa, angket motivasi belajar dan hasil belajar Biologi diperoleh dari dokumentasi nilai hasil ulangan semester ganjil sebelum remedial. Teknik analisis data menggunakan teknik Regresi Sederhana dan Berganda, dengan bantuan program SPSS versi 17 for computer, namun sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gaya belajar yang dominan pada sebagian besar siswa, adalah gaya belajar visual dengan persentase 40,34%; (ii) motivasi belajar sebagian besar siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 46%; (iii) hasil belajar biologi sebagian besarsiswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 71,31%; (iv) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa, dengan kontribusi sebesar 33,4%;(v) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa, dengan kontribusi sebesar 44,2%; (vi) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa, dengan kontribusi sebesar 51,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:56
Last Modified: 10 Apr 2018 07:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item