Pengaruh Penggunaan Permainan Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang

ASMIDARWATI, ASMIDARWATI (2017) Pengaruh Penggunaan Permainan Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB Iok.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) gambaran penggunaan permainan dalam pembelajaran matematika (ii) gambaran hasil belajar matematika (iii) pengaruh penggunaan permainan dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-Only. Lokasi penelitian ini dipusatkan di SDN 39 Cakke Kabupaten Enrekang. Populasi dan sampel sebanyak 48 orang siswa dengan pembagian 25 siswa kelas VA sebagai kelas control dan 24 siswa kelas VB sebagai kelas ekperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data terbagi atas analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t untuk sampel independen (uji independent Sampel T-test) dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian penggunaan permainan dalam pembelajaran matematika dapat disimpulkan bahwa: (i) gambaran penggunaan permainan pada pembelajaran matematika terbagi atas tiga tahap, yaitu: a.tahap pra permainan,b. tahap saat permaianan dan c. tahap setelah permainan. (ii) hasil belajar yang diperoleh pada kelas ekperimen cenderung berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 62,5% atau 15 siswa sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol cenderung berada pada kategori sedang sebanyak 56 % atau 14 siswa. (iii) terdapat pengaruh pengaruh penggunaan permainan terhadap hasil belajar matematika di SDN 39 Cakke. Hal tersebut diperkuat oleh hasil pengujian hipotesis yang memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:41
Last Modified: 10 Apr 2018 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item