Analisis Wacana Humor dengan Pendekatan Grice dalam Stand up Comedy Academy di Indosiar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Anekdot,

BAKRI, BAKRI (2017) Analisis Wacana Humor dengan Pendekatan Grice dalam Stand up Comedy Academy di Indosiar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Anekdot,. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (45kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama Grice, makna pesan dalam Stand up Comedy Academy di Indosiar, dan implikasinya terhadap pembelajaran teks anekdot. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Grice. Adapun sumber datanya diperoleh dari wacana humor yaitu Stand up Comedy Academy di Indosiar yang diunduh melalui You Tobe. Data penelitian ini adalah tuturan lisan berupa wacana humor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik simak, teknik catat, dan teknik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggaran prinsip kerja sama dalam wacana humor Stand up Comedy Academy terjadi pada empat maksim yakni (1) maksim kualitas, (2) maksim cara, (3) maksim relevansi, dan (4) maksim kualitas. Maksim yang dilanggar, yaitu maksim kualitas meliputi mengatakan sesuatu yang diyakini salah dan menyatakan sesuatu tanpa ada buktinya; maksim cara meliputi tuturan yang tidak jelas, taksa atau ambigu, tuturan berlebihan atau bertele-tele, dan tuturan yang tidak teratur; maksim relevansi yakni pemberian informasi yang tidak relevan dengan konteks tuturan; maksim kuantitas meliputi informasi yang disampaikan kurang informatif dan berlebihan. Makna pesan yang ditemukan dalam tuturan peserta komika yakni (1) kehidupan suku Bajo yang patut dicontoh dengan kehidupan lain dengan memberdayakan alam sebagai sumber kehidupan, (2) lingkungan sekitar dapat mempegaruhi pola hidupan manusia, (3) sikap disiplin harus dimiliki setiap siswa, (4) kepedulian terhadap sesama, (5) pekerjaan kunci kesejahteraan keluarga, (6) kehidupan yang tidak menentu, (7) kritikan terhadap penguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas, (8) keadaan pantai wisata yang lepas dari pantauan pemerintah, (9) dampak fenomena pacaran dalam masyarakat, (10) perbedaan tidak menjadikan penghalang dalam sebuah hubungan asmara, dan (11) jangan bersifat sombong. Berdasarkan pengamatan terhadap siswa maka dapat dikatakan bahwa wacana humor Stand up Comedy Academy berimplikasi terhadap pembelajaran teks anekdot. Hal itu terlihat dalam langkah-langkah pembelajaran yang didominasi keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa. Oleh karena itu, berdasarkan temuan yang telah diperoleh disarankan agar pendengar atau penonton lebih bijaksana dalam menanggapi dan memahami Stand up Comedy Academy serta memetik pesan positif yang disampaikan peserta komika. Selain itu, dalam hubungannya dengan dunia pendidikan, Stand up Comedy Academy diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar khususnya dalam pembelajaran teks anekdot.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:37
Last Modified: 10 Apr 2018 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7300

Actions (login required)

View Item View Item