Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Binamu Jeneponto

Hamid, Nurhidayah (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN Binamu Jeneponto. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (33kB)

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (2) mendeskripsikan pemahaman konsep fisika yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional; (3) mendeskripsikan keterampilan sosial yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; (4) mendeskripsikan keterampilan sosial yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional; (5) menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran secara konvensional; (6) menganalisis perbedaan keterampilan sosial antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran secara konvensional masing-masing pada peserta didik kelas XI MIA3 MAN Binamu tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitan eksperimen semu dengan desain time series.Penelitian ini menggunakan satu kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran secara konvensional dalam selang waktu tertentu. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN Binamu, terdiri atas tiga kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 100 orang, sedangkan sampelnya dipilih 1 kelas melalui purposive sampling (penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu) yakni kelas XI MIA3 terdiri dari 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan. (1) pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan pada kategori rendah berdasarkan analisis Gain, (2) pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan pada kategori rendah berdasarkan analisis Gain, (3) keterampilan sosial peserta fisika didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan positif, (4) keterampilan sosial fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan positif, (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran secara konvensional, (6) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan sosial peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:34
Last Modified: 10 Apr 2018 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7299

Actions (login required)

View Item View Item