Efektivitas Model Pembelajaran Generatif terhadap Pembelajaran Matematika pada Kelas VII.B SMP Negeri 5 Majene

Nurfadilah, Nurfadilah (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Generatif terhadap Pembelajaran Matematika pada Kelas VII.B SMP Negeri 5 Majene. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I, II, III, IV dan V.doc

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran generatif terhadap pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Majene. Pada penelitian ini kelas eksperimen dipilih secara acak dari 2 kelas VII SMP Negeri 5 Majene tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik yaitu sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 77,47 yang berada pada kategori sedang. Dari 19 peserta didik 18 diantaranya telah mencapai KKM. Selain itu, nilai rata-rata gain ternormalisasi peserta didik sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang. (2) skor rata-rata keterlaksanaan model Pembelajaran Generatif menunjukkan 87,50%, yang berada pada kategori sangat baik. (3) skor rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 3,4, yang berada pada kategori baik. (4) umumnya peserta didik memberi respons positif terhadap pelaksanaan model Pembelajaran Generatif dengan persentase sebesar 77,12% yang berada pada kategori baik. (5) Model Pembelajaran Generatif efektif diterapkan terhadap pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Majene pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:27
Last Modified: 10 Apr 2018 07:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item