Nurfadilah, Nurfadilah (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Generatif terhadap Pembelajaran Matematika pada Kelas VII.B SMP Negeri 5 Majene. Diploma thesis, FMIPA.
Text
BAB I, II, III, IV dan V.doc Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran generatif terhadap pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Majene. Pada penelitian ini kelas eksperimen dipilih secara acak dari 2 kelas VII SMP Negeri 5 Majene tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik yaitu sebagai berikut: (1) Rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 77,47 yang berada pada kategori sedang. Dari 19 peserta didik 18 diantaranya telah mencapai KKM. Selain itu, nilai rata-rata gain ternormalisasi peserta didik sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang. (2) skor rata-rata keterlaksanaan model Pembelajaran Generatif menunjukkan 87,50%, yang berada pada kategori sangat baik. (3) skor rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik sebesar 3,4, yang berada pada kategori baik. (4) umumnya peserta didik memberi respons positif terhadap pelaksanaan model Pembelajaran Generatif dengan persentase sebesar 77,12% yang berada pada kategori baik. (5) Model Pembelajaran Generatif efektif diterapkan terhadap pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Majene pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 07:27 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 07:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7297 |
Actions (login required)
View Item |