.“Keefektifan ModelMind Mappingterhadap Kemampuan Menulis Teks AnekdotPeserta Didik Kelas X SMK Negeri 2Pinrang”.

AHMAD., AHMAD. (2017) .“Keefektifan ModelMind Mappingterhadap Kemampuan Menulis Teks AnekdotPeserta Didik Kelas X SMK Negeri 2Pinrang”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (53kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanKeefektifan Model Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen murni. Subjek penelitian ini adalah peseta didik kelas X SMK Negeri 2 Pinrang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 148 orang. Jumlah tersebut terbagi atas 4 kelas. Penarikan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik random sampling atau secara acak terpilih kelas XRPL2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XRPL1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian. Bentuk tes uraian yang dimaksud dalam instrument penelitian ini adalah tugas menulis teks anekdot dengan modelmind mapping pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan atau model mind mapping. Tes ini digunakan untuk untuk mengumpulkan data berupa nilai keterampilan menulis karangan argumentasi yang diperoleh siswa, yaitu tes akhir. Data yang diperoleh dari analisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t, nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada posstest kelas kontrol 3,00 dan nilai terendah diperoleh 2,28 dengan nilai rata-rata 2,65,sedangkan pada posstest kelas eksperimen nilai tertinggi yang diperoleh siswa 3,57 dan nilai terindah diperoleh 2,57 dengan nilai rata-rata 3,05. Beradasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t. Nilai Thitung 30,541>1.66600,maka keputusan adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menulis teks anekdot yang menggunakan model mind mapping dengan pembelajaran menulis teks anekdot yang tidak menggunakan model mind mapping) dan kemampuan menulis teks anekdot antara kelompok yang diberi perlakuan efektif digunakan sebagai model pembelajaran menulis teks anekdot peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Pinrang. Jadi, model mind mapping efektif terhadapkemampuanmenulis teks anekdot.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 07:18
Last Modified: 10 Apr 2018 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7296

Actions (login required)

View Item View Item