Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Kedisiplinan Guru Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Labakkang dan SMA Negeri 2 Labakkang Kabupaten Pangkep.

ASLINDA., ASLINDA. (2017) Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Kedisiplinan Guru Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Labakkang dan SMA Negeri 2 Labakkang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAGIAN DEPAN.docx

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Ada pengaruh keterampilan pengelolaan kelas guru sosiologi terhadap hasil belajar siswa. (ii) Ada pengaruh kedisiplinan guru sosiologi terhadap hasil belajar siswa. (iii) Ada pengaruh secara signifikan antara pengaruh keterampilan pengelolaan kelas dan kedisiplinan guru sosiologi terhadap hasil belajar siswa. Popolasi dalam penelitian ini adalah semua guru sosiologi yang berjumlah 4 orang dan siswa kelas X.IIS, XI.IPS, dan XII.IPS yang berjumlah 292 siswa di SMAN 1 Labakkang dan SMAN 2 Labakkang. Penarikan sampel menggunakan tabel Krejcie dan Morgan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi awal, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) ada pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sebesar 39,2%. (ii) ada pengaruh kedisiplinan guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 36%. (iii) ada pengaruh secara signifikan antara keterampilan pengelolaan kelas dan kedisiplinan guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 56,4% yang berada pada pengaruh kategori sedang. Hasil ini diperoleh dari perhitungan SPSS. Artinya, keterampilan pengelolaan kelas dan kedisiplinan khususnya guru sosiologi memberikan pengaruh dalam meningkatkan nilai atau hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:54
Last Modified: 10 Apr 2018 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item