Pengaruh Penggunaan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa di SDN 93 Parandean Kecamatan Massalle Kabupaten Enrekang

DUKKU, NURHASNI (2017) Pengaruh Penggunaan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa di SDN 93 Parandean Kecamatan Massalle Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURHASNI.doc

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media KIT IPA bagi siswa kelas V SDN 93 Parandean Kec. Massalle Kab. Enrekang., 2) untuk mengetahui gambaran prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 93 Parandean Kec. Massalle Kab. Enrekang., 3) untuk mengetahui apakah pengggunaan KIT IPA beperngaruh terhadap prestasi belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment, one group pretest-postest. Pengambilan sampel penelitian ini sebanyak 29 siswa dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Gambaran pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan menggunakan KIT IPA dalam pembelajaran siswa berada pada kategori baik. 2) Gambaran prestasi belajar siswa di SDN 93 Parandean Kec. Massalle Kab. Enrekang sebelum diberikan perlakuan berupa penggunaan KIT IPA berada dalam kategori rendah. 3) Tingkat prestasi belajar siswa setelah diberikan perlakuan berupa penggunaan KIT IPA meningkat atau berada pada kategori tinggi., 3) Penggunaan KIT IPA berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi belajar IPA siswa. Kata Kunci: Media, komponen instrument terpadu, IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:29
Last Modified: 10 Apr 2018 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7274

Actions (login required)

View Item View Item