Efektivitas Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang

MUCHLIS, ERY ASHARI (2017) Efektivitas Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ERIC,S.Pd,M.Pd.doc

Download (340kB)

Dalam upaya menciptakan pengelolaan kelas yang efektif tidak terlepas dari bagaimana seorang guru mengelola perilaku siswa dalam proses belajar mengajar, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam suatu kelas terdapat beberapa karakter dan kecerdasan siswa yang berbeda, dengan demikian, terdapatnya perbedaan-perbedaan tersebut maka akan berpengaruh kepada proses belajar mengajar di dalam kelas. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui gambaran perencanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. (2) Untuk Mengetahui gambaran pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. (3) Untuk Mengetahui gambaran evaluasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. (4) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. (5) Untuk Mengetahui Faktor Penghambat pengelolaan kelas dalam pembelajaran Matematika Kelas V di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah. dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang sudah terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan. (2) Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang sudah terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan. (3) Evaluasi Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di SDN 119 Belalang Kabupaten Enrekang sudah terlaksana dengan baik dan perlu ditingkatkan. (4) Faktor pendukung terlaksananya pengelolaan kelas seperti ketersedianya guru, kurikulum yang ada. (5 Faktor penghambat terlaksananya pengelolaan kelas seperti ketersediaan fasilitas belajar yang kurang lengkap membuat pembelajaran terpaku pada guru dan buku serta ruangan yang terbatas mengharuskan peserta didik bergantian untuk menggunakan kelas untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:21
Last Modified: 10 Apr 2018 06:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item