Hubungan Persepsi Tentang Pemberian Reward dan Punishment dengan Hasil Belajar Siswa SD Se Kecamatan Rappocini

Musliati, Kiki (2017) Hubungan Persepsi Tentang Pemberian Reward dan Punishment dengan Hasil Belajar Siswa SD Se Kecamatan Rappocini. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. PENDAHULUAN.docx

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan kepada pemberian reward dan pemberian punishment yang menjadi motivasi eksternal dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran persepsi siswa terhadap pemberian reward (2) memperoleh gambaran persepsi siswa terhadap pemberian punishment (3) memperoleh gambaran hasil belajar siswa (4) memperoleh hubungan persepsi siswa terhadap pemberian reward dengan Hasil Belajar Siswa (5) memperoleh hubungan persepsi siswa terhadap pemberian punishment dengan Hasil Belajar Siswa (6) memperoleh hubungan persepsi siswa terhadap pemberian reward dan punishment secara bersama dengan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa SD Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian penelitian Ex Post Facto. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dan variabel bebasnya adalah pemberian reward dan pemberian punishment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan sampel berjumlah 167 orang siswa kelas V yang diambil dari secara random. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur persepsi siswa terhadap pemberian reward dan punishment serta dokumentasi. Tingkat persepsi siswa terhadap pemberian reward dalam Pembelajaran IPS Siswa SD Se-Kecamatan Rappocini Kota Makassar berada pada kategori tinggi sedangkan punishment berada pada kategori tinggi sedangkan Indikator keberhasilan hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Terdapat hubungan sangat rendah positif dan searah antara pemberian reward dengan hasil belajar siswa dan terdapat hubungan sangat rendah negatif antara pemberian punishment dengan hasil belajar siswa. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pemberian Reward dan Punishment dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Siswa SD Se Kecamatan Rappocini Kota Makassar didapatkan memiliki hubungan yang rendah dengan kontribusi 4,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:20
Last Modified: 10 Apr 2018 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item