Perilaku Hiperaktif dengan Penanganan Konseling Integratif (Studi Kasus pada Siswa SMPN 18 Makassar).

NURHADIAWATI., NURHADIAWATI. (2017) Perilaku Hiperaktif dengan Penanganan Konseling Integratif (Studi Kasus pada Siswa SMPN 18 Makassar). S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (57kB)

ABSTRAK Anak yang berperilaku hiperaktif dapat berisiko tinggi seperti gagal di sekolah, mengalami masalah sosial yang serius, termasuk kesulitan bergaul sekaligus konflik dengan anggota keluarga, sering dimarahi dan dihukum oleh para pengasuh, dibenci oleh teman-¬teman di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk gangguan konsentrasi belajar yang dialami oleh anak perilaku hiperaktif atau ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SMPN 18 Makasar., (2) Untuk mengetahui faktor determinan pelaksanaan dan hasil konseling integratif yang dilakukan oleh guru dalam menangani gangguan konsentrasi belajar pada anak perilaku hiperaktif atau ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SMPN 18 Makasar., (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru BK dalam menangani gangguan konsentrasi belajar pada anak perilaku hiperaktif (ADHD) di SMPN 18 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah satu anak yang mengalami gangguan konsentrasi belajar pada anak perilaku hiperaktif (ADHD) di SMPN 18 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (1) Bentuk perilaku siswa hiperaktif (ADHD) terbagi menjadi dua, yaitu perilaku positif dan perilaku negatif. Bentuk perilaku yang ditunjukkan pada kasus EL yang mencangkupi komunikasi, yaitu interpersonal, inter sosial, ganguan sensoris, pola bermain, dan emosi, (2) Dampak ganguan perilaku siswa hiperaktif (ADHD) yang berkaitan dengan kehidupan sosial dengan dirinya, sekolah, dan keluarga. (3) Upaya guru BK menangani siswa hiperaktif (ADHD) konseling integrative (teknik non-derektif, deraktif, dan ekletik).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:09
Last Modified: 10 Apr 2018 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item View Item