Revitalisasi Fungsi Kelembagaan Kelompok Kerja Guru Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Kabupaten Gowa

DJOHAR, DJOHAR (2015) Revitalisasi Fungsi Kelembagaan Kelompok Kerja Guru Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL INTERNASIONAL.doc

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji: (1) Upaya dalam merevitalisasi fungsi kelompok kerja guru di Kabupaten Gowa, (2) Faktor determinan pelaksanaan program PKB bagi guru SD di kelompok kerjanya, dan (3) Strategi dalam pengembangan fungsi kelompok kerja dalam PKB guru SD di Kabupaten Gowa. Lokasi penelitian di kantor Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan informan pimpinan Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda Kabupaten Gowa, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Data dianalisis dengan model interaktif melalui reduksi data, display data dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Revitalisasi fungsi KKG dilakukan guna mendukung upaya pengembangan kompetensi guru, melalui (a) perencanaan inovatif masih mengikuti pola standar yang sudah ada ataupun mengikuti model perencanaan KKG yang lain, (b) infrastruktur dalam mendukung setiap kegiatan KKG belum maksimal, (c) dukungan utilitas yang masih perlu ditingkatkan, dan (d) mekanisme pengelolaan sudah mengikuti standar baku pengelolaan, dan pengembangan fungsi manajemen pengelolaan KKG sudah menerapkan Sistem Pembelajaran yang BerbasisTeknologi. (2) faktor determinan terpantau dalam kajian ini dalam pelaksanaan program PKB bagi guru SD di kelompok kerjanya adalah diakibatkan oleh berbagai factor yaitu: (a) penilaian kinerja guru sudah berjalan dengan baik, namun diperlukan syarat tambahan dalam penilain tersebut, (b) pengembangan diri masih kurang maksimal dilakukan guru, (c) publikasi ilmiah masih tergantung pada jurnal yang tidak terakreditasi secara nasional, dan (d) karya inovatif belum dilakukan guru melalui kegiatan KKG. (3) Strategi dalam pengembangan fungsi guru SD di Kabupaten Gowa, melalui: (a) adanya standar program KKG dalam memaksimalkan kegiatan PKB guru secara baku, (b) standar organisasi KKG yang harus dimiliki dalam mewujudkan visi dan misi KKG sesuai standar baku (c) standar pengelolaan yang belum optimal dalam meningkatkan fungsi KKG sesuai yang diharapkan (d) standar sarana prasarana yang harus dimiliki KKG dalam meningkatkan efektifitas kegiatan PKB guru, belum memadai (e) standar SDM yang harus dimiliki KKG sebagai motor penggerak kegiatan PKB, masih perlu ditingkatkan (f) standar pembiayaan sebagai unsur yang menentukan keberlangsungan kegiatan PKB melalui KKG masih kurang maksimal, dan (g) standar penjamin mutu PKB harus mengacu pada acuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, masih kurang efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:09
Last Modified: 10 Apr 2018 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item