PengaruhpemanfaatanlingkunganterhadapminatbelajardalampembelajaranIPS Siswa Di SDN 144 Pangbarani, Kecamatan Baraka, Kab. Enrekang

DERMAN, DERMAN (2017) PengaruhpemanfaatanlingkunganterhadapminatbelajardalampembelajaranIPS Siswa Di SDN 144 Pangbarani, Kecamatan Baraka, Kab. Enrekang. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui (1) untukmengetahuiPemanfaatanlingkungandalampembelajaran IPS Siswa di SDN 144 Pangbarani; (2) untukmengetahuiminatsiswadalampembelajaran IPS padasiswa SDN 144 Pangbarani; (3) Untukmengetahuipengaruhpemanfaatanlingkungandalampembelajaran IPS di SDN 144Pangbarani;. JenisPenelitianiniadalahpenelitianQuasyEksperiment Design yakniOne-Group Pretest-Posttest Design.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhmurid SDN 144 Pangbarani, Kecamatan Baraka yang berjumlah 96 siswa yang terdiridari 46 siswalaki-lakidan 50 siswaperempuan.Pengambilansampel yang digunakanadalahtekniksimple random sampling.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganyang signifikanPemanfaatanlingkunganbelajardenganMinatbelajarsiswa;. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarterhadapminatbelajar IPS.Siswakelas V SDN 144 Pangbaranai.Denganmanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajar, akanmengajaksiswauntukaktifdalam proses pembelajaran di sekolahdanaktifdalammencariwawasansendirikarnalingkunganmerupkansumberbelajar yang menarik, terdapat di sekitarsiswa, menyediakanpermasalahan yang beranekaragamdantidakakanpernahhabis. Pemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarsiswamempunyaipengaruh yang signifikanterhadapperolehanhasilbelajar, mengingatbahwapemahamanpengetahuan, ketrampilandansikapperludisertaitindakanempirisdalam proses pembelajarantermasukBelajar IPS. Olehsebabitu, penelitimenyarankan: kepadasiswasupayalebihaktifdanmandiridalammemanfaatkanlingkungansebagaisumberbelajar, kepada guru supayalebihmengoptimalkanpemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajar, dankepadapihaksekolahsupayamemberikandukunganpada proses pemanfaatanlingkungansebagaisumberbelajarsiswa Kata kunci: PemanfaatanLingkunganterhadapMinatbelajarsiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:03
Last Modified: 10 Apr 2018 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7261

Actions (login required)

View Item View Item