Analisis Kualitas Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng Berdasarkan Teori Respon Butir.

HASNAH., HASNAH. (2015) Analisis Kualitas Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng Berdasarkan Teori Respon Butir. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. Kualitas Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng ditinjau dari aspek teoretis (content), Model Logistik 1 Parameter, 2 Parameter dan 3 Parameter. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh respon peserta terhadap soal matematika ujian sekolah kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng sebanyak 339 lembar jawaban. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng telah memenuhi validitas isi. Pada Model Logistik 1 Parameter, untuk aspek tingkat kesukaran sebanyak 22.5% butir berada pada kategori baik, dan 77.5% berada pada kategori buruk. Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng memberi informasi yang maksimal jika dikenakan pada peserta tes yang berkemampuan sekitar -4 hingga -2. Berdasarkan Model Logistik 2 Parameter, pada aspek tingkat kesukaran sebanyak 37.5% butir berada pada kategori baik, dan 62.5% berada pada kategori buruk. Untuk aspek daya beda, 50% butir berada pada kategori baik dan 50% berada pada kategori buruk. Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng memberi informasi yang maksimal jika dikenakan pada peserta tes yang berkemampuan sekitar -1. Pada Model Logistik 3 Parameter, untuk aspek tingkat kesukaran sebanyak 65% butir berada pada kategori baik, dan 35% berada pada kategori buruk. Untuk aspek daya beda, 47.5% butir berada pada kategori baik dan 52.5% berada pada kategori buruk. Pada parameter tebakan sebanyak 60% butir berada pada kategori baik dan 40% berada pada kategori buruk. Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng memberi informasi yang maksimal jika dikenakan pada peserta tes yang berkemampuan sekitar -0.2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:35
Last Modified: 10 Apr 2018 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item View Item