Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas Siswa Tuna Rungu Melalui Penggunaan Metode Media Visual Kelas V SLB Negeri Kabupaten Wajo

HAERUN AT, HAERUN AT (2015) Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas Siswa Tuna Rungu Melalui Penggunaan Metode Media Visual Kelas V SLB Negeri Kabupaten Wajo. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
28. Haerun AT jurnal.doc

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar penjas siswa tuna rungu Kelas V SLB Negeri Kab. Wajo melalui Penggunaan Metode Media Visual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 3 pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SLB Negeri Kab. Wajo, Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 3 siswa. Data penelitian ini adalah data primer meliputi data hasil belajar siswa, keaktifan siswa dan guru. Selama pembelajaran, dan data penggunaan bantuan teman guru selama pembelajaran. Data sekunder meliputi data hasil motivasi belajar penjas siswa, pratindakan, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, dan kurikulum yang diperoleh dari dokumen yang dimiliki guru dan sekolah. Data dikumpulkan melalui tes kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi Dari hasil analisa data diketahuibahwa, motivasi belajar penjas siswa sebelum diadakan tindakan adalah ketiga siswa (0%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 33,33% yaitu 1 siswa telah tuntas belajar dan 2 siswa (66,67%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai (100%) yaitu3siswa telah tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan metode media visual pada pembelajaran penjas siwsa kelas V SLB Negeri Kab. Wajo dapat meningkatkan motivasi belajar penjas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:27
Last Modified: 10 Apr 2018 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7247

Actions (login required)

View Item View Item