Eksplorasi Aktivitas Saintifik dalam pembelajaran Operasi hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII 2 MTs. DDI Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.

Hardiani., Hardiani. (2015) Eksplorasi Aktivitas Saintifik dalam pembelajaran Operasi hitung Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII 2 MTs. DDI Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal Hardiani.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa kelas VIII 2 MTs. DDI Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif,yang bersifat eksploratif, yaitu mendeskripsikan aktivitas-aktivitas belajar yang meliputi: mengamati, menanya, menalar/mengasosiasi, mempresentasikan dan menyimpulkan. Penetapan subjek penelitian dilakukan dengan memilih salah satu kelas VIII, kelas VIII yang dipilih merupakan kelas yang berkemampuan heterogen. Sebelum pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan, terlebih dahulu kelas yang telah terpilih sebagai responden diberikan tes untuk mengetahui kemampuan awal matematika siswa sebelum mempelajari materi operasi hitung bentuk aljabar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran oada materi operasi hitung bentuk aljabar dengan penerapan pendekatan saintifik adalah (1)Subjek laki-laki yang berkemampuan awal tinggi dapat melakukan aktivitas-aktivitas saintifik yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar/mengasosiasi, mempresentasikan dan menyimpulkan. (2)Subjek laki-laki yang berkemampuan awal rendah tidak dapat melakukan aktivitas-aktivitas saintifik yang meliputi aktivitas menanya, menalar/mengasosiasi, dan mempresentasikan. (3)Subjek perempuan yang berkemampuan awal tinggi dapat melakukan aktivitas-aktivitas saintifik yang meliputi aktivitas mengamati,menanya,menalar/mengasosiasi, mempresentasikan,dan menyimpulkan. (4) Subjek perempuan yang berkemampuan awal rendah dapat melakukan aktivitas-aktivitas saintifik yang meliputi aktivitas mengamati, menanya/mengasosiasikan, mempresentasikan dan menyimpulkan. Dari hasil analisis di atas disimpulkan bahwa pada pembelajaran operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VIII 2 MTs.DDI Ujung Lero kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, aktivitas saintifik dapat dilakukan oleh siswa laki-laki yang berkemampuan awal tinggi, siswa perempuan yang berkemampuan awal tinggi dan siswa perempuan yang berkemampuan awal rendah. Sedangkan siswa laki-laki yang berkemampuan awal rendah hanya mampu melakukan sebagian aktivitas saintifik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 05:20
Last Modified: 10 Apr 2018 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7246

Actions (login required)

View Item View Item