Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 170 Dakda Kabupaten Enrekang

BUDI, BUDI (2016) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 170 Dakda Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL BUDI.doc

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa; Masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Deskripsi kesulitan belajar SD Negeri di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang; (2) Deskripsi faktor penyebab kesulitan belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang; (3) Penanganan kesulitan belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang;. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Negeri 170 Dakda yang ada di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan memilih lima belassiswa SD Negeri 170 Dakda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa Indonesia dalam aspek menulis, menyimak, berbicara, membaca dan menulis khususnya materi menulis dan membaca dialog sederhana; (2) Terdapat faktor penyebab kesulitan belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang mempengaruhi adanya kesulitan belajar siswa. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah kurangnya model-model pembelajaran yang baru atau inovasi baru dalam hal pengelolaan pembelajaran. Kata kunci: Sikap Profesional Guru, Motivasi, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 04:14
Last Modified: 10 Apr 2018 04:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item