Strategi Guru Dalam Memberikan Pekerjaan Rumah Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Alla Kec.Baroko Kab.Enrekang”. Dibimbing oleh bapak prof.Dr.Hasnawi Haris,M.Hum dan Ibu Prof.Hj.Kasmawati, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Wahyu, Sriyanti (2014) Strategi Guru Dalam Memberikan Pekerjaan Rumah Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Alla Kec.Baroko Kab.Enrekang”. Dibimbing oleh bapak prof.Dr.Hasnawi Haris,M.Hum dan Ibu Prof.Hj.Kasmawati, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img]
Preview
Text
Isi.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

vi ABSTRAK Wahyu Sriyanti I, 2014. “ Strategi Guru Dalam Memberikan Pekerjaan Rumah Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Alla Kec.Baroko Kab.Enrekang”. Dibimbing oleh bapak prof.Dr.Hasnawi Haris,M.Hum dan Ibu Prof.Hj.Kasmawati, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam memberikan pekerjaan rumah, dan tujuan utama guru dalam memberikan pekerjaan rumah serta hambatan yang dihadapi siswa saat mengerjakan pekerjaan rumah pada mata pelajaran PPkn di SMP Negeri 5 Alla Kec.Baroko Kab. Enrekang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi (purposive sampling) yaitu guru PPKn 1 orang dan siswa diambil secara random sampling dengan pengambilan 50% dari seluruh siswa kelas VIII dan IX sebanyak 153 siswa dengan jumlah sampel yang diteliti 76 siswa. Dan teknik data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi serta kosioner(angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam memberikan pekerjaan rumah pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Alla Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang yaitu Menulis tugas dipapan tulis secara jelas dan lengkap, agar siswa mampu memahami maksud soal yang diberikan, adapun bentuk soal yang diberikan seperti, essay, pilihan ganda, makalah dan kliping. (2) Tujuan utama guru dalam memberikan pekerjaan rumah, Untuk mencapai tujuan pembelajaran, untuk memahami materi agar termotivasi mengerjakan pekerjaan rumah. (3) Hambatan yang dialami siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah yaitu (a) fasilitas buku yang belum memadai (b) perkembangan internet yang semakin pesat (Blacberry Messengger, Facebook ), (c) menonton TV serta (d) banyak bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2016 02:34
Last Modified: 07 Mar 2018 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item