PENGARUH HALAQAH TARBIYAH TERHADAP ETOS KERJA ISLAMI PADA GURU SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Jafar, Muhammad Hadiyat (2018) PENGARUH HALAQAH TARBIYAH TERHADAP ETOS KERJA ISLAMI PADA GURU SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Skripsi Muhammad Hadiyat Jafar (1271041013).docx

Download (529kB)

Abstract

PENGARUH HALAQAH TARBIYAH TERHADAP ETOS KERJA ISLAMI PADA GURU SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR Muhammad Hadiyat Jafar (leaderhadiyat@gmail.com) Ahmad (ahmadrazak71@gmail.com) Ahmad Yasser Mansyur (ahmadyasser_mansyur@yahoo.com) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar Jl. AP Pettarani Makassar, 90222 Abstrak Indonesia berdasarkan beberapa survei tahun ini terindikasi memiliki etos kerja islami yang buruk. Halaqah tarbiyah merupakan sarana yang dapat mempengaruhi etos kerja islami individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halaqah tarbiyah terhadap etos kerja islami pada guru SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Subjek penelitian terdiri atas 37 orang Guru SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua jenis skala, yaitu skala halaqah tarbiyah dan skala etos kerja islami. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana melalui program SPSS Statistics 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi adalah r = 0,797, dengan nilai signifikansi p = 0,00 < 0,05. Adapun nilai R square yaitu 0,635 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh halaqah tarbiah terhadap etos kerja islami pada Guru SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan etos kerja islami melalui sarana halaqah tarbiyah. Kata Kunci: Halaqah Tarbiyah, Etos Kerja Islami

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2018 04:07
Last Modified: 02 Aug 2018 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/7237

Actions (login required)

View Item View Item